Cara Membuat Custom Icon Vector Asset di Android Studio

Vector Asset Android Studio

Mengapa perlu membuat Custom Icon? Karena icon yang tersedia di Android Studio terbatas dan hanya mendukung 1 warna tunggal. Pada pembahasan di post sebelumnya mengenai "Cara Membuat Options Menu", telah di terangkan langkah dan cara untuk membuat Icon Vector Asset, lengkap dengan panduan gambar. Anda bisa merujuk terlebih dahulu ke post tersebut jika belum tahu caranya membuat icon dengan Vector Asset, sehingga tidak perlu lagi di tutorialkan disini.

Disini kita tidak membuat icon nya sendiri, melainkan mendownload nya dari website penyedia icon. Saya beberapa kali membuat icon sendiri melalui online tools vector maker namun hasilnya selalu mengecewakan. Kenapa mengecewakan ? Beberapa contoh seperti; diawal bilangnya gratis, setelah selesai membuat iconnya dan hendak mendownload, disanalah kemudian muncul icon-icon dollar dengan kelipatan-kelipatan angka. Contoh lain pada online tool yang benar-benar gratis, namun saat di download hasilnya mengecewakan karena memiliki background.

Download Icon SVG

Icon Vector berekstensi SVG (Scalable Vector Graphics) dan graphic nya  dalam format XML. Website yang akan kita kunjungi untuk mengunduh icon adalah flaticon.com. Tersedia jutaan icon disana baik gratis ataupun yang berbayar, dan tentunya kita akan mengunduh yang gratis.

Kunjungi situs website tersebut, lalu pada kolom pencarian ketikkan nama icon yang ingin diunduh. Untuk setiap icon berbayar ditandai dengan tanda seperti mahkota tepat dibawah icon. Klik pada icon yang ingin diunduh, lalu pada pilihan ekstensi file disebelah kanan pilih SVG, kemudian pilih Free Download. Icon pun terdownload dengan format namafile.svg. Pihak flaticon tentunya akan lebih senang jika Anda mengunduh icon berbayar.

Mengupload Icon SVG ke Android Studio

Setelah icon yang diinginkan terdownload, selanjutnya menuju pada Android Studio. Perluas folder res lalu klik kanan pada folder drawable > New > Vector Asset. Setelahnya akan muncul tab konfigurasi. Pada baris Aset Type pilih Local File (SVG, PSD), pada baris Name isikan nama untuk iconnya, pada baris Path masukkan icon yang di download tadi melalui flaticon, lalu pada Size tentukan ukurannya (untuk icon kecil biasanya 24x24) kemudian klik Next dan Finish. Yang lainnya biarkan saja. Berikut gambar panduannya :

membuat Custom Vector Asset di Android Studio
Gambar 1 : Panduan membuat Custom Vector Asset

Panduan membuat Custom Vector Asset di Android Studio
Gambar 2 : Panduan membuat Custom Vector Asset

Pembuatan Custom Icon Vector pun sudah jadi. Selanjutnya Anda yang menentukan akan diapakan icon tersebut. Baiklah, terima kasih atas waktunya. Apabila ada pertanyaan, kritik dan saran silahkan di post di komentar, atau bisa juga melalui email atau lainnya yang bisa di lihat pada halaman Contact.

Comments

Post Terpopuler Sepanjang Masa

Cara Memasang Iklan Interstitial AdMob

Cara Memasang Iklan Banner AdMob di Android Studio

Aplikasi Pengingat Tugas (To Do Reminder) Android

Tutorial Menerapkan Animasi Lottie di Android Studio

Cara Merubah Package Name di Android Studio

Menampilkan Webview Pada Aplikasi di Android Studio