Blog Tutorial Android Bagi Pemula

Sunday, February 21, 2021

Aplikasi Movie & TV Show Menggunakan API TMDB (Part 1 : Registrasi TMDB)

Tutorial ini kita akan membuat sebuah aplikasi pemantau Movie (film) dan TV Show (acara TV). Disini kita akan menggunakan API (Application Programming Interface) dari website TMDB (themoviedb.org) yang gratis sepenuhnya. Untuk dapat menggunakan API TMDB, kita harus memiliki API Key TMDB dan untuk mendapatkan API Key kita harus menjadi anggota TMDB terlebih dahulu.

Pada bagian ini, akan dijelaskan langkah-langkah mendaftar dan mendapatkan API Key. Pertama silahkan kunjungi website https://www.themoviedb.org, kemudian ganti bahasa ke dalam bahasa Indonesia karena dalam tutorial registrasi ini kita menggunkan bahasa Indonesia. Setelahnya, klik "Bergabung dengan TMDb" yang berada di bagian pojok atas kanan.

Pada form pendaftaran silahkan masukkan nama pengguna tanpa spasi, kemudian buat password Anda lalu konfirmasi password, form terakhir alamat email Anda kemudian klik tombol daftar. Berikut contoh gambarnya :


Registrasi themoviedb.org
Gambar 1 : Form pendaftaran member themoviedb.org

Setelah proses diatas, selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman yang meminta untuk mengkonfirmasi alamat email. Silahkan buka alamat untuk mengkonfirmasi. Setelah konfirmasi sukses, secara otomatis Anda akan di arahkan ke halaman dashboard profil TMDB, jika tidak, silahkan login secara manual.

Selanjutnya langsung saja akses pengaturan dengan mengklik icon profil Anda yang terletak dibagian pojok kanan atas. Seperti gambar berikut :


Akses pengaturan TMDB
Gambar 2 : Mengakses pengaturan TMDB

Berikutnya pada pilihan pengaturan yang ada pilih API, kemudian pada pemintaan kunci API klik tombol click here.


API Key TMDB
Gambar 3 : Langkah awal dalam membuat API Key

Walaupun kita sudah menyetel bahasa website ke dalam Bahasa Indonesia, namun sebagian konten website masih ada yang berbahasa inggris. Nah, selanjutnya akan muncul pertanyaan "What type of API key do you wish to register?", pilihan jawaban hanya 2 yaitu Developer dan Professional. Silahkan pilih salah satu yang sesuai dengan Anda, jika individual pilih developer, jika untuk perusahaan silahkan pilih profesional.


API Key TMDB
Gambar 4 : Tahapan dalam membuat API Key


Setelah proses diatas, silahkan dibaca syarat dan ketentuan yang muncul dengan seksama, jika melanggar, API Key Anda nantinya berpotensi dihapus. Tahapan berikutnya adalah mengisi form keterangan mengenai aplikasi yakni jenis aplikasi, nama aplikasi, url aplikasi, deskripsi aplikasi. Kemudian informasi pribadi Anda seperti nama depan dan belakang, alamat, nomor telepon, kode pos dan sebagainya.

Jika Anda tidak memiliki alamat url untuk aplikasi, Anda dapat membuat telebih dahulu blog gratis dari blogger atau wordpress atau apa saja. Seluruh form yang ada harus diisi, setelah semua diisi klik Kirim. Berikut contoh gambarnya :


TMDB API Key
Gambar 5 : Mengisi formulir informasi aplikasi & informasi pribadi

Jika proses diatas berhasil, secara otomatis Anda akan diarahkan kembali ke halaman pengaturan namun kini pada bagian API sudah terdapat API Key Anda yang berada pada kolom API Key (v3 auth), dan rincian-rincian mengenainya. Contoh API key TMDB misalnya : abd73maki872ndhy46absk0098a.

Silahkan di copy API Key tersebut, simpan ditempat yang mudah Anda akses. Atau langsung saja deklarasikan sebuah final String untuk API Key tersebut pada file java project Anda. Berikut gambar yang memperlihatkan API Key nya :


Cara mendapatkan TMDB API Key
Gambar 6 : Wujud API Key TMDB

API Key sudah ada, sekarang mari kita buat aplikasinya. Jika Anda hendak mengikuti keseluruhan tutorial ini, ada baiknya Anda menamakan seluruh yang ada pada project Anda nantinya sama dengan tutorial ini, misalnya mulai dari nama project, nama class, metode dan sebagainya untuk menghindari error, Anda dapat menggantinya nanti setelah semua selesai. Silahkan klik link di bawah ini untuk menuju ke postingan bagian berikutnya :

Aplikasi Movie & TV Show Menggunakan API TMDB (Part 2 : Implementasi)

Share:

0 comments:

Post a Comment

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *

Berlangganan Artikel

Terlaris 30 Hari Terakhir